Sabtu, 13 April 2013

Sruti Respati, Bintang Selendang Merah

Seniman tari Sruti Respati. Tempo/Aditia Noviansyah
Jakarta - Sehari sebelum pementasan di Jakarta, penyanyi Sruti Respati (33) pemeran Sri Ledhek dalam pergelaran Opera Jawa, Selendang Merah mengadakan pertunjukan kecil, mengajak pengunjung mal Grand Indonesia menyaksikan pertunjukan opera Jawa di Teater Jakarta, Taman Ismail Marzuki pada Sabtu dan Minggu, 13 dan 14 April 2013.

Selama persiapan pergelaran di Jakarta, Sruti tidak melakukan aktivitasnya sebagai pegawai negeri sipil bidang promosi kantor dinas pariwisata Surakarta. “Saya ini sedang Tupoksi,” ujarnya saat ditemui pada 11 April 2013. Tupoksi yang dimaksud, Tugas Pokok Fungsi yang dilakukan langsung, mempromosikan kesenian karawitan Jawa yang dibawa dari Solo.

X Factor, Fatin Tampil Tegang

Fatin Shidiqia Lubis tampil pada babak Gala Show Eliminasi X Factor Indonesia kedua di studio 8 RCTI, Kebon Jeruk, Jakarta, (1/3). Pada Gala kedua ini Fatin sudah mulai bergoyang saat bernyanyi. ANTARA/Teresia May
Jakarta - Tampil kurang memuaskan pada penampilan pertama, Fatin membalasnya pada penampilan kedua dengan menyanyikan lagu milik Natasha Bediengfield berjudul These Words. Kali ini Fatin tampil lebih percaya diri dibanding saat menyanyikan lagu pertamanya.

"Saya pengin kamu lebih rileks. Rileks. Cuma itu yang kamu butuhin," kata Bebi mengomentari penampilan Fatin di Studio RCTI, Jakarta, Jumat, 13 April 2013, yang disiarkan secara langsung. Suara Fatin, menurut Bebi, sudah enak. Tidak perlu menyanyi dengan tekanan lagu yang berat.

Kata KPK Soal Surat Kuasa FPJP Boediono

SBY and Boediono. TEMPO/Subekti
Jakarta - Juru bicara Komisi Pemberantasan Johan Budi tak mau menanggapi kisruh surat kuasa pemberian Fasilitas Pendanaan Jangka Pendek PT Bank Century yang ditandatangani Boediono. Menurut Johan, surat yang kini diributkan politikus Dewan Perwakilan Rakyat itu harus dicek terlebih dahulu.

"Kami tidak tahu surat itu sudah ada di penyidik apa belum. Itu informasi baru atau enggak, jangan-jangan KPK sudah punya," ujar Johan, Kamis, 11 April 2013.

Seluruh Penumpang Lion Air di Bali Selamat

Pesawat Lion Air mengalami kecelakaan di sisi landasan pacu (runway) Bandara Ngurah Rai, Bali, dan tercebur ke laut (13/4). detik.com
Jakarta - Indonesia National Air Carrier Association (INACA) menyatakan para penumpang Lion Air yang gagal mendarat di Bandara Ngurah Rai, Bali, selamat. "Pax (penumpang)-nya 101 selamat," kata Sekretaris Jenderal INACA, Tengku Burhanuddin, melalui pesan singkat kepada Tempo, Sabtu, 13 April 2013.

Pesawat Boeing tipe 737 itu gagal mendarat dan keluar dari ujung landasan pacu 09 Bandar Udara Ngurah Rai. "Pesawat tersebut "crash", patah di bagian ekor, dan posisi ada di air," ujar Humas PT Angkasa Pura I cabang Bandara Ngurah Rai, Alfazah.

Pesawat Lion Air Jatuh di Perairan Bali

Pesawat Lion Air mengalami kecelakaan di sisi landasan pacu (runway) Bandara Ngurah Rai, Bali, dan tercebur ke laut (13/4). detik.com
Jakarta - Pesawat Lion Air dengan rute penerbangan Bandung-Denpasar mengalami kecelakaan di sisi landasan pacu (runway) Bandara Ngurah Rai, Bali. "Pesawat tersebut crash, patah di bagian ekor, dan posisi ada di air," ujar Humas PT Angkasa Pura I cabang Bandara Ngurah Rai, Alfazah, saat dihubungi Tempo, Sabtu, 13 April 2013.

Pesawat jenis Boeing 737-800 itu dijadwalkan tiba di Bandara Ngurah Rai pukul 15.16 WITA. Namun pesawat mengalami kecelakaan pada 15.10 WITA. Saat ini, pesawat yang mengalami kecelakaan di ujung runway bandara itu masih menjalani proses evakuasi.

Mantan Ketua Demokrat Sampang, Maju DPR RI Lewat Gerindra

Haryono Abdul Bari (Liputanwinda/Syafrudin Budiman)
Surabaya - Haryono Abdul Bari, Mantan Ketua DPC Partai Demokrat Kabupaten Sampang dipastikan maju sebagai caleg DPR RI lewat Partai Gerindra. Anggota DPRD Propinsi Jawa Timur ini menyatakan siap mundur sebagai anggota dewan dari Partai Demokrat.

"Saya sudah mendaftar sebagai caleg DPR RI dari Partai Gerindra. Saya juga sudah siap mundur sebagai anggota dewan, sambil menunggu proses pergantian antar waktu (PAW)," kata pria yang biasa disapa Gus Yono ini, saat ditemui di Surabaya, (13/04).

Pria yang pernah maju sebagai Calon Bupati (Cabup) Sampang ini mengatakan, kepindahannya bukan karena sakit hati kepada Partai Demokrat yang tidak mengusung dirinya sebagai Cabup Sampang. Yono saat itu malah diusung oleh Partai Gerindra Sampang dan memperoleh suara sekitar 80 ribu suara.

"Partai Gerindra sudah menjadi bagian perjalanan hidup saya. Visi-misi dan perjuangan Partai Gerindra sangat cocok untuk saya, yang sama-sama memperjuangkan nasib petani dan nelayan," terangnya.

Yono optimis bisa meraih kursi DPR RI lewat Partai Gerindra, sebab dukungan basis di bawah tetap mengingikan jadi dan maju lewat Partai Gerindra. Dulu saat maju sebagai anggota DPRD Jatim, Haryono memperoleh suara sekitar 80 ribu dan saat maju sebagai Cabup Sampang juga mencapai 80 ribu.

"Insya Allah saya optimis bisa terpilih sebagai anggota DPR RI Partai Gerindra Dapil XI Madura-Jawa Timur. Basis di bawah masih solid mendukung saya," tukas Yono penuh semangat.

Berdasarkan informasi yang ada, Haryono Abdul Bari akan bersaing dengan Ilyasi Siradj Ketua DPC Partai Gerindra Sumenep/Mantan anggota DPR RI PKB, Nizar Zahro Anggota DPRD Jatim dari PBR/Mantan Cabup Bangkalan, Indria Wachida Aviffa Aktivis Perempuan/Majelis Kesehatan Muhammadiyah Jatim dan beberapa nama lainnya. (rud) 

Tim KarSa Tolak Politik Kotor

Soekarwo, Cagub Jawa Timur dari Partai Demokrat menyematkan pin rajawali kepada kader Barisan Massa Demokrat (BMD) saat acara pelantikan BMD se-Jawa Timur, di Hotel Bumi Surabaya, Jumat (1/2). (Liputanwinda/Syafrudin Budiman)
Surabaya - Tim pemenangan pasangan KarSa (Soekarwo-Saifullah Yusuf) tidak akan memakai strategi politik menyerang lawan untuk memenangkan Pilgub Jatim 2013. “Masing-masing Cagub punya strategi. Kita tidak akan menyerang Cagub lain, karena ini bukan perang,” kata Ketua Tim Pemenangan KarSa, Toni Sunarto kepada wartawan di kantor Tim Pemenangan KarSa di Jl Citarum, Surabaya, Jumat (12/04).

Tim Pemenangan, menurutnya, sudah sepakat untuk mengantarkan KarSa menang di Pilgub Jatim tahun ini. Namun, pihaknya tidak akan menggunakan strategi politik “kotor” dengan menyerang rival-rival KarSa.

Jumat, 12 April 2013

Khofifah Mau Dijegal Maju Pilgub Jatim

Khofifah saat menjadi pembicara pada 200 kader dai di kampus Universitas Islam Negeri (UIN) Maliki Malang, Kamis (21/3/2013). (kiblatindonesia.com)
Surabaya - Jelang pemilihan gubernur (Pilgub), atmosfer politik di Jawa Timur yang terus memanas. Hal itu membuat Khofifah Indar Parawansa gerah. Bahkan, ketua umum PP Muslimat Nahdlatul Ulama itu menganggap demokrasi di Jatim dalam kondisi darurat.

Penilaian mantan menteri di era Presiden Gus Dur itu didasarkan pada kondisi perpolitikan di Jatim yang kian panas. Padahal tahapan Pilgub Jawa Timur 2013 belum dimulai.

KPU Jatim Akan Verifikasi KTP Cagub-Cawagub Independen

Eggi Sudjana daftar cagub Jatim. ©2013 Merdeka.com
Surabaya - Pascapendaftaran Eggi Sudjana-Muhammad Sihat sebagai peserta Pemilihan Gubernur (Pilgub) Jawa Timur, Kamis (11/4) kemarin, hingga saat ini, Komisi Pemilihan Umum (KPU) Jawa Timur masih melakukan verifikasi data dukungan pasangan calon via jalur independen tersebut.

Menurut anggota KPU Jawa Timur, Nadjib Hamid, untuk menyeleksi prasyarat administrasi yang diajukan Eggi-Sihat, pihaknya mengerahkan 50 petugas.

BTN Rilis 32 Nama Pesepakbola Pelatnas

Sergio van Dijk (ANTARA/Puspa Perwitasari)
Jakarta - Jelang laga melawan Benin, Badan Tim Nasional (BTN) merilis 32 nama pemain yang akan masuk pada pelatnas pekan depan. Menurut rencana, pertandingan tersebut bakal berlangsung pada 27 April 2013 di Stadion Utama Gelora Bung Karno (GBK), Senayan, Jakarta.


Dalam kurun waktu dua bulan kedepan timnas Indonesia dijadwalkan akan menghadapi empat pertandingan uji coba melawan tim-tim dunia. Selain Benin, pasukan Garuda akan melawan Granada (7 Mei 2013), Belanda (7 Juni 2013) dan Paraguay (11 Juni 2013).

Pilih Cawagub, Khofifah Tunggu Petunjuk Gus Sholah

Khofifah Indar Parawansa memberikan sambutan pada peringatan Harlah ke-66 Muslimat, di Istora Senayan, Jakarta, Selasa (19/6/2012). (islamedia.web.id)
Surabaya - Khofifah Indar Parawansa mengaku masih menunggu petunjuk KH Sholahudin Wahid atau Gus Sholah, untuk mengumumkan nama bakal calon wakil gubernur yang mendampinginya dalam Pilkada Jatim 2013.
    
"Saya menunggu Gus Sholah pulang dari Maroko pada 15 April ini. Nantinya akan ada petunjuk untuk mengumumkannya," ujar Khofifah usai menjadi pembicara di seminar ekonomi syariat di IAIN Sunan Ampel Surabaya, Jumat (12/4/2013).

Pelatnas Timnas Kembali Digelar

Irfan Bachdim (ANTARA/Puspa Perwitasari)
Jakarta - Habil Marati selaku Manajer Tim Nasional (timnas) Indonesia berencana akan kembali melakukan pemusatan latihan nasional (pelatnas) pekan depan sebagai persiapan menghadapi salah satu tim asal Afrika, Benin. Tidak hanya dijadwalkan melakoni uji coba dengan Benin saja, timnas juga berencana melakukan pertandingan persahabatan melawan klub asal Spanyol, Granada.


"Senin depan kita sudah melakukan pemanggilan untuk pelatnas guna menghadapi Benin. Selanjutnya, kita akan melanjutkan pertandingan melawan Granada pada awal Mei nanti," ucap Habil saat jumpa pers di Kantor BTN, Senayan, Jakarta, Kamis (11/4).

FKPPI & PPM Paksa Komnas HAM Hentikan Investigasi Cebongan

FKPPI dan PPM mendatangi kantor Komnas HAM di Jakarta (gatranews.com)
Jakarta - Ratusan massa berseragam loreng dari Forum Komunikasi Putra Putri Purnawirawan dan Putra Putri TNI Polri (FKPPI) serta Pemuda Panca Marga (PPM) mendesak Komisi Nasional Hak Asasi Manusia (Komnas HAM) menghentikan investigasi atau penyelidikan atas kasus pembantaian 4 tahanan di Lembaga Pemasyarakatan (LP) Cebongan.

"Stop investigasi Komnas HAM terhadap penyerangan Lapas Cebongan," kata salah seorang pengurus dari kedua organisasi ini saat menggelar audiensi dengan komisioner Komnas HAM yang baru saja merilis hasil investigasi awal kasus Cebongan di Komnas HAM, Jakarta Pusat, Jumat, (12/4).

Fatayat NU Dukung Khofifah Maju Sebagai Cagub

Pada Halal bil halal & Temu Perempuan se- Mataraman Bersama: Ketum PP Fatayat NU Sahabat Ida Fauziah, Anggia Ermarini & PC Fatayat NU se- Mataraman Tulungagung, 30/09/2012. (fatayat.or.id)
Surabaya - Pimpinan Pusat (PP) Fatayat Nahdlatul Ulama (NU) mendukung Khofifah Indar Parawansa maju sebagai Cagub di Pilkada Jatim 2013 mendatang. Ida Fauziah Ketua Umum PP Fatayat NU mengatakan pengalaman, kualitas dan kuantitas antara Khofifah dan Syaifullah Yusuf (Gus Ipul) masih lebih baik Khofifah.

"Mbak Khofifah memiliki jam kerja yang tinggi untuk NU, tentunya lebih matang dalam menguasai manajemen kepemimpinan daripada Gus Ipul," kata perempuan yang biasa disapa Ida ini, saat dihubungi aktual.co, minggu (2/12).

Kamis, 11 April 2013

Peringkat Timnas Indonesia di FIFA Terus Merosot

Timnas Indonesia. ANTARA/Wahyu Putro A
Jakarta -  Tim nasional sepak bola Indonesia semakin terpuruk di rangking internasional yang dirilis Asosiasi Federasi Sepak Bola Internasional (FIFA). Dalam rilis terbaru hari ini Kamis, 11 April 2013, tim Merah-Putih merosot empat peringkat ke-170 dengan 117 poin, dari sebelumnya peringkat ke-166 dunia dengan 121 poin.

Peringkat bulan ini adalah pencapaian terburuk timnas sejak FIFA mulai merilis peringkat internasional pada 1993, mengulangi peringkat pada Oktober 2012.

Persebo Sumekar Curi Poin Dari Persebaya

Persebaya Surabaya akhirnya mengakhiri putaran pertama Grup 3 Divisi Utama Liga Indonesia 2012/2013 dengan rekor tanpa kalah. Pada laga terakhir putaran pertama, Bajul Ijo bermain imbang 1-1 dengan Persebo Bondowoso, di Stadion Gelora Bung Tomo, Surabaya, Rabu (10/4). (ligaindonesia.co.id)
Surabaya - Persebaya Surabaya akhirnya mengakhiri putaran pertama Grup 3 Divisi Utama Liga Indonesia 2012/2013 dengan rekor tanpa kalah. Pada laga terakhir putaran pertama,  Bajul Ijo  bermain imbang 1-1 dengan Persebo Sumekar, di Stadion Gelora Bung Tomo, Surabaya, Rabu (10/4).

Anak-anak suhan Tony Ho ini mengandalkan trio Ari Priatna, Basuki dan Jean Paul Boumsong di lini depan. Namun babak pertama jutru berlangsung monoton. Pasalnya, tuan rumah memiliki masalah dengan penyelesaian akhir. Berulang kali peluang didapat, berulang kali pula Persebaya DU gagal memanfaatkannya menjadi gol.

Singo Edan Terkam Sape Kerap 2-0

Pemain Arema merayakan gol usai membobol gawang Persepam Madura United (P-MU). (ligaindaonesia.co.id)
Malang - Arema Indonesia berhasil membuktikan janjinya meraih poin penuh setelah mengalahkan Persepam Madura United (P-MU) 2-0 dalam lanjutan Indonesian Super League (ISL) 2012/2013 di Stadion Kanjuruhan Malang, Rabu (10/4/2013). Dua gol kemenangan Singo Edan diborong oleh Alberto Beto Goncalves.

Sejak awal laga, Arema langsung mengurung pertahanan tamu. Namun, beberapa kali serangan Singo Edan bisa dipatahkan lini pertahanan P-MU. Pertengahan babak pertama, pertarungan lebih banyak di tengah lapangan. Arema baru memiliki peluang emas di menit 39.

Cucu Soeharto Segera Diadili


Ari Sigit. TEMPO/Zulkarnain
Jakarta - Berkas perkara kasus dugaan penipuan dan penggelapan dengan tersangka Ari Haryo Wibowo Hardjojudanto alias Ari Sigit akhirnya dinyatakan lengkap atau P21 oleh Kejaksaan Tinggi Jakarta. Dengan demikian, cucu mantan Presiden Soeharto  itu bakal segera menghadap meja hijau.

"Sudah P21, tinggal menghadapkan tersangka dan barang bukti," ujar Kepala Bidang Humas Polda Metro Jaya, Komisaris Besar Rikwanto, di Jakarta, Rabu 10 April 2013.

Buat Akun Twitter, SBY Belum Targetkan Followers

Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) saat menunggu kedatangan kunjungan kenegaraan Mantan Perdana Menteri Inggris Tony Blair di Kantor Presiden, Komplek Istana Presiden, Jakarta, Rabu (20/3). TEMPO/Subekti
Jakarta - Presiden Susilo Bambang Yudhoyono akan segera me-launching akun Twitter pribadinya dalam waktu dekat. "Namanya akan kita ketahui pada saat beliau menyampaikan secara langsung dalam waktu yang tidak terlalu lama," kata juru bicara kepresidenan, Julian Aldrin Pasha, di kantor kepresidenan, Jakarta, Rabu, 10 April 2013.

Namun, ia menambahkan, SBY belum memasang target jumlah pengikut akun pribadinya nanti. "Saya tidak bisa pastikan berapa (target) followers-nya," ujar Julian. Yang pasti, menurut dia, SBY menargetkan segala pesan atau hal penting bisa disampaikan ke masyarakat melalui akun Twitter itu.

Basis PPP Dukung Khofifah, Elit PPP Cenderung KarSa

Khofifah Indar Parawansa
Sumenep - Basis Partai Persatuan Pembangunan (PPP) tetap akan loyal mendukung Ibu Khofifah Indar Parawansa sebagai calon gubernur (cagub) Jatim 2013 mendatang. Hal ini disampaikan Yayuk Abdillah aktifis Perempuan PPP asal Sumenep, Madura. Dirinya merasa Khofifah akan didukung basis politik warga Nahdlatul Ulama (NU) yang juga basis utama partai ka'bah itu.

"Saya yakin Ibu Khofifah bisa mengalahkan Pakde Karwo (red-Soekarwo calon incumbent). Sebab basis politik Pakde Karwo sudah rusak, terbukti Partai Demokrat dukungannya melemah akibat banyak kasus-kasus yang menimpa kader Demokrat," katanya di Sumenep, Rabu (10/04).

APNP Lebih Cenderung ke Khofifah

Petugas Bakesbang Linmas Surabaya membongkar baliho dukungan terhadap salah satu pasangan bakal calon gubernur Jatim yang berdiri di trotoar Jalan Gubernur Suryo, Jumat (22/3). (AntaraJatim/Fiqih Arfani/13/Oka).
Surabaya - Sifat Politik yang dinamis dan bisa berubah sewaktu-waktu membuat semua kemungkinan bisa terjadi, termasuk dukungan Aliansi Partai Non-Parlemen (APNP) dalam Pilgub Jawa Timur(Jatim). Parpol Gurem yang telah menyatakan mendukung pasangan Soekarwo-Saifullah Yusuf (KarSa) bisa saja berubah haluan untuk mendukung calon lain. Pasalnya, tahapan Pilgub Jatim belum dimulai.

"Iya memang politik itu dinamis, bisa berubah sewaktu-waktu. Partai politik kan memiliki otonomi yang berpatokkan pada Undang-undang Partai Politik. Belum pasti dukungan para Parpol non-Parlemen ini ke KarSa di Pilgub Jatim nanti," kata Dewan Pembina APNP Jawa Timur, Ridwan Hisjam, di Surabaya, Selasa lalu, kepada okezone.com.

Dipo Alam Kecam Anggota Koalisi "Banci"

Dipo Alam (Dok. Gatra/Abdul Malik MSN)
Jakarta - Sekretaris Kabinet Dipo Alam menilai, ada anggota koalisi pemerintahan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono yang "banci". Ciri-cirinya, mempertahankan kursi menteri, tetapi saat bicara di DPR selalu "menghajar" pemerintah.


"Kalau memang benar berkoalisi, berkoalisilah dengan baik. Jangan `banci`. Ini menterinya tidak mau menarik dari koalisi, tapi saat di DPR apa pun yang dilakukan pemerintah `dihajar` juga," kata Dipo Alam, dalam surat elektronik dari "RoSi Inc", yang diterima Antara, di Jakarta, Kamis (11/4).

Polri: Kompolnas Mitra Dari Kepolisian

Kantor Kompolnas (www.poskotanews.com)
Jakarta - Kepala Biro Penerangan Masyarakat Divisi Humas Polri Brigjen Boy Rafli Amar menegaskan, tidak benar terjadi keretakan hubungan Polri dan Komisi Kepolisian Nasional (Kompolnas). Kritik dan masukan antara kedua lembaga tersebut, menurut Boy berjalan dengan baik.

"Tidak benar itu! komunikasi sudah terjalin dan selalu dilakukan. Kompolnas merupakan mitra dari kepolisian, " jelas Boy kepada wartawan di Mabes Polri, Rabu (10/4).

Timwas Century Gagal Periksa Pejabat BI

Bambang Soesatyo (GATRAnews/Adi Wijaya)
Jakarta - Tim Pengawas (Timwas) Kasus Bank Century DPR RI gagal memintai keterangan sejumlah pejabat Bank Indonesia (BI), terkait penggelontoran dana talangan Bank Century sebesar Rp 6,7 triliun.


"Timwas kasus Century DPR, seyogyanya telah mengagendakan rapat, pada Rabu, 10 April 2013, jam 10.00 WIB, dengan unsur pejabat BI," kata Bambang Soesatyo (Bamsat), anggota Timwas Kasus Bank Century DPR RI, Rabu (10/4), di Jakarta.

Buruh Tuntut Dahlan Iskan Hapuskan Outsourcing

Dahlan Iskan. (JIBI Photo)
Jakarta - Ribuan buruh yang tergabung dalam berbagai organisasi akan melakukan aksi unjuk rasa depan Gedung Kementrian BUMN, Jalan Medan Merdeka Selatan, Jakarta Pusat, Rabu (10/4) pagi.

Kabid Humas Polda Metro Jaya, Kombes Pol Rikwanto mengatakan, pihak kepolisian akan disiagakan untuk mengamankan jalannya aksi tersebut. Kurang lebih 10.000 personil siap diturunkan. "Personil yang kita turunkan mengamankan aksi unras buruh kurang lebih 11.201," jelasnya kepada wartawan, Rabu (10/4).

Hanura: Sebaiknya Menteri Tak Nyaleg

Partai Hanura
Jakarta - Partai Hati Nurani Rakyat (Hanura) menyatakan bahwa, kendati tak ada ketentuan undang-undang yang melarang seorang menteri mencalonkan diri sebagai calon anggota legislatif (caleg), sebaiknya mereka tidak maju sebagai caleg.

"Sebagai tanggung jawab moral kepada rakyat, tentu sebaiknya para menteri tersebut fokus pada pekerjaannya di masing-masing kementerian, tanpa harus terganggu oleh kegiatan pencalegannya itu," kata Ketua DPP Partai Hanura, Saleh Husin, di Jakarta, Rabu (10/4).

Ketua DPR: Presidential Threshold Cukup 15%

Marzuki Alie (ANTARA/Wahyu Putro A)
Jakarta - Ketua DPR Marzuki Alie mengatakan, syarat untuk mengusung calon presiden alias presidential threshold, yang saat ini masih diperdebatkan dalam RUU Pemilihan Presiden, ada di angka 20 persen perolehan kursi parlemen dan 25 persen perolehan suara secara nasional. Marzuki menilai, itu terlalu berat.

"Angka 20 dan 25 terlalu tinggi, agak diturunkan lah. Lebih moderat 15 persen, baik perolehan kursi DPR RI maupun perolehan suara secara nasional," kata Marzuki, yang merupakan kader Partai Demokrat, di Gedung DPR RI, Jakarta, Rabu (10/4).

Minggu, 07 April 2013

TNI Tegaskan Investigasi Cebongan Selesai

Kepala Staf TNI Angkatan Darat Jenderal TNI Pramono Edhie Wibowo (dua kiri) bersiap memberikan keterangan pers terkait insiden penyerangan oleh gerombolan bersenjata ke LP Cebongan Sleman di Mabes TNI AD, Jakarta Pusat (29/3). ANTARA/Andika Wahyu
Jakarta - Tentara Nasional Indonesia menegaskan investigasi penyerangan Lembaga Pemasyarakatan Cebongan, Sleman, Yogyakarta, sudah selesai. "Sementara sudah selesai, langsung masuk penyidikan," kata Ketua Tim Investigasi TNI Angkatan Darat, Brigadir Jenderal Unggul K. Yudoyono kepada Tempo, Ahad, 7 April 2013.

Pernyataan Unggul menanggapi kemungkinan terlibatnya anggota TNI yang lain di luar sembilan orang yang sudah mengaku menyerang Lapas Cebongan. Sebelumnya Komisi Nasional Hak Asasi Manusia menyatakan akan menelusuri keterlibatan atasan atau komandan para pelaku penyerangan yang berasal dari Komando Pasukan Khusus.

Ridwan Hisyam Optimis Digandeng Khofifah

Ridwan Hisjam. TEMPO/Imam Sukamto
Surabaya - Ridwan Hisjam Wakil Bendahara DPP Partai Golkar (PG) optimis bisa menjadi gandengan Khofifah Indar Parawansa untuk maju sebagai pasangan cagub dan cawagub Jawa Timur pada Pilkada mendatang. Dirinya mengaku telah bertemu dengan mantan Ketua Umum PBNU KH Hasyim Muszadi di Ponpes Al Hikam Malang.

"Saya sudah silaturrahim ke rumah KH. Hasyim Muzadi untuk membicarakan Pilgub Jatim 2013. Saya ditanya apakah siap menjadi pendamping Ibu Khofifah Indar Parawansa. Saya katakan siap maju bersama Ibu Khofifah, baik lahir dan batin," kata Ridwan Hisjam (RH), saat dihubungi, Minggu (07/04).

Khofifah Umumkan Cawagub-nya Pertengahan April

Khofifah Indar Parawansa (Ketua Umum PP Muslimat NU) berpidato usai meresmikan Gedung PC. Muslimat NU Bawean, Sabtu, (03/07/2010). (bawean.net)
Jombang - Ketua Umum PP Muslimat NU, Khofifah Indarparawansa pada pertengahan bulan April 2013 akan mengumumkan nama calon wakil gubernur (cawagub) pilihannnya. Pilihan pendampingnya ini akan diduetkan menuju kursi Jatim 1 dengan dukungan PKB dan delapan parpol non parlemen.

"Sejauh ini sudah ada enam nama yang telah dijaring. Perihal siapa yang akan terpilih akan diserahkan kepada tim senior. Selain itu kami juga elakukan survey," ujar Khofifah usai mendaftarkan putranya ke Pesantren Tebuireng, Minggu (07/04).

Parpol Non Parlemen Akui Dukung Khofifah


Syafrudin Budiman, SIP., Ketua Majelis Imarah PW PMB Jatim (Liputanwinda/dok)

Surabaya - Syafrudin Budiman, SIP., Ketua Majelis Imarah Pimpinan Wilayah Partai Matahari Bangsa (PMB) Jawa Timur mengakui, kalau sudah mendukung Khofifah Indar Parawansa. PMB Jatim bersama beberapa delapan parpol non parlemen lainnya tinggal selangkah saja, yaitu menyelesaikan adminitrasi saja.


"PMB Jatim memastikan akan mendukung Ibu Khofifah, tinggal adminitrasi saja," kata Rudi sapaan akrab Syafrudin Budiman, saat dihubungi, Minggu (07/04) di Surabaya.

Khofifah Kantongi Dukungan 8 Parpol Nonparlemen

Ketua Umum Pengurus Pusat Muslimat Nahdhatul Ulama (Muslimat NU), Khofifah Indar Parawangsa. TEMPO/Amston Probel
Jombang - Ketua Umum PP Muslimat NU Khofifah Indarparawansa memastikan dalam posisi aman untuk bertarung sebagai cagub dalam pilgub Jatim yang digelar 29 Agustus mendatang. Sebab, selain didukung PKB (13 kursi DPRD Jatim), juga didukung delapan parpol nonparlemen.
     
“Jadi sudah memenuhi syarat, karena total dukungan sudah sekitar 18 persen,” kata Khofifah, ditemui Surya Online di sebuah rumah makan di Jombang, Sabtu (6/4/2013). Khofifah didampingi Ketua Muslimat NU Jombang Hj Anisah Baidlowi dan beberapa anggotanya.

Menpora Panggil PSSI Terkait Persebaya

Persebaya DU (Liputanwinda/Syafrudin Budiman)
Jakarta - Menteri Pemuda dan Olahraga Roy Suryo berencana memanggil pengurus PSSI terkait satu hal penting yaitu unifikasi liga hasil Kongres Luar Biasa (KLB) pada 17 Maret 2013. Pasalnya banyak klub-klub yang merasa kecewakan atas putusan tersebut, salah satunya Persebaya Surabaya.


"Saya akan panggil PSSI. Semua akan saya kumpulkan untuk duduk bersama membahas satu hal penting yaitu unifikasi liga hasil KLB 17 Maret. Karena banyak klub-klub yang merasa kecewa atas putusan itu," ujar Roy di Jakarta, Jum`at (5/4).

Sumenep Jadi Tuan Rumah Pekan KIM Jatim 2013

KH. Busro Karim, Bupati Sumenep mengunjungi Stand DPPKA Pemkab Sumenep di arena Pekan Raya Sumenep 2012, Senin malam (22/10). (Liputanwinda/Syafrudin Budiman)
Sumenep - Kabupaten Sumenep akan menjadi tuan rumah pelaksanaan Pekan Kelompok Informasi Masyarakat (KIM) VII tingkat Jawa Timur 2013 pada tanggal 14 -18 Mei 2013 di Kabupaten Sumenep. Namun akan dimajukan lebih awal, yakni mulai tanggal 23 - 27 April 2013, sehingga Panitia segera melakukan langkah cepat untuk mempersiapkan kegiatan ini.

Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Jawa Timur, Harjogi, SH, M.Si usai menggelar rapat persiapan panitia Propinsi dan Kabupaten Sumenep, di Aula Dinas Kominfo Kabupaten Sumenep awal April lalu menjelaskan, dengan dimajukannya kegiatan Pekan KIM ini, pihaknya segera melakukan koordinasi bersama, demi suksesnya kegiatan.

Banyak E-KTP di Sumenep Salah Cetak

Pintu masuk Selamat Datang di Sumenep pada malam hari (Liputanwinda/Syafrudin Budiman)
Sumenep
- Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dispedukcapil) Kabupaten Sumenep, bertindak cepat mengatasi banyaknya Kartu Tanda Penduduk Elektronik (e-KTP) milik warga Sumenep yang salah cetak. Dalam waktu dekat ini, e-KTP bermasalah itu akan dikembalikan ke pusat.

Sesuai data yang diterima Dispendukcapil, e-KTP yang rusak mencapai 105 buah. Tingkat kerusakan bermacam-macam, ada yang salah nama, status pekerjaan dan agama. “Dengan salah cetak itu, bulan April ini, ratusan e-KTP yang rusak kami kembalikan ke pusat,”kata Ahmad Zaini, Kepala Dispendukcapil Sumenep, Kamis (04/04).

Keluarga Bangga kepada Pembocor Sprindik Anas

Wiwin Suwandi. TEMPO/Widiarsi Agustina
Jakarta - Seusai diumumkannya Wiwin Suwandi sebagai pembocor surat perintah penyidikan mantan Ketua Umum Demokrat Anas Urbaningrum oleh Komite Etik Komisi Pemberantasan Korupsi, orang tua Wiwin sempat syok dan menangis. Menurut Masrina, 31 tahun, kakak sulung Wiwin, dia dan ibunya mengetahui hal itu lewat pemberitaan di televisi.

Namun, menurut Masrina, mereka langsung berpikir positif dan menyatakan langkah Wiwin itu dianggap keluarga sebagai satu langkah yang berani. “Kami malah bangga,” ujar Masrina yang dihubungi, Sabtu, 6 April 2013.

Ini Motif Penembakan Kepala RS Bhayangkara

Ilustrasi penembakan. AP/Brennan Linsley
Makassar - Kepala Rumah Sakit Bhayangkara Makassar, Komisaris Besar Dokter Purwadi, ditembak oleh seorang anggota Kepolisian Resor Makassar. Penembakan itu terjadi Sabtu, 6 April 2013, sekitar pukul 15.30 Wita, di ruang medik RS Bhayangkara. Akibatnya, tiga peluru bersarang pada tubuhnya.

Purwadi menderita luka tembak pada bagian paha kiri dan kanan, serta pada bagian bahu. Korban sempat menjalani perawatan di Unit Gawat Darurat RS Bhayangkara, kemudian dilarikan ke RS Wahidin Sudirohusodo, Makassar.

Yenny Wahid Bergabung ke Partai Demokrat

Yenny Wahid bersalaman dengan Sutan Bhatoegana, disaksikan Ketua Umum Partai Demokrat, Anas Urbaningrum di rumah kediaman almarhum Gus Dur di Ciganjur, Jakarta Selatan, Kamis (29/11). TEMPO/Dasril Roszandi
Jakarta - Ketua Umum Partai Kedaulatan Bangsa Indonesia Baru Zanuba Arifah Chafsoh atau yang akrab disapa Yenny Wahid akan bergabung ke Partai Demokrat. Namun belum bisa dipastikan posisi apa yang akan diberikan kepada putri almarhum mantan Presiden Abdurrahman Wahid ini di Partai Demokrat.

"Memang sudah ada komunikasi intens antara Bu Yenny dan elite Demokrat," kata Sekretaris Jenderal PKBIB Imron Rosyadi Hamid saat dihubungi, Sabtu, 6 April 2013. Dia menjelaskan komunikasi intens terjadi sejak 23 Maret lalu hingga sekarang. Menurut Imron, Yenny berkomunikasi langsung dengan Ketua Umum Partai Demokrat Susilo Bambang Yudhoyono dan Ketua Harian Syarief Hasan.

Pengamat: Kopassus U Bakal Kena Sanksi Berat

Markas Grup 2 Komando Pasukan Khusus (Kopassus) Kandang Menjangan, Kartasura, Sukoharjo, Jawa Tengah, (5/4). ANTARA/Herka Yanis Pangaribowo
Jakarta - Pengamat militer dari Universitas Indonesia, Andi Widjajanto, merasa yakin peradilan militer akan menghukum berat para anggota Komando Pasukan Khusus Grup 2 Kandang Menjangan yang menembak empat tahanan Lembaga Pemasyarakatan Cebongan, Sleman, Yogyakarta. Alasannya, kasus ini menyita perhatian seluruh Indonesia dan mata internasional.

"Ketegasan itu tampak dari pengusutan dan kinerja tim investigasi TNI AD yang cepat, bahkan petinggi TNI begitu komitmen dalam kasus ini," kata Andi saat dihubungi Tempo, Sabtu, 6 April 2013.

Ini Kejanggalan Kasus Cebongan Versi Komnas HAM

lustrasi pelaku yang menggedor pintu Lembaga Pemasyarakatan Cebongan, Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta. (ILUSTRASI: TEMPO/INDRA FAUZI)
Jakarta - Komisi Nasional Hak Asasi Manusia (Komnas HAM) menganggap masih ada kejanggalan dalam kasus penyerangan Lembaga Pemasyarakatan Cebongan, Sleman, Yogyakarta. Salah satunya, masalah pemindahan empat tersangka yang menjadi korban penyerangan ke penjara Cebongan.

"Itu yang harus didalami oleh Komnas HAM," kata anggota Komnas, Nurkholis, di Cikini, Jakarta, Sabtu, 6 April 2013. Seperti diketahui, para korban yang tewas dalam penjara Cebongan merupakan tahanan titipan dari Kepolisian Daerah Istimewa Yogyakarta Selain itu, ia menambahkan, Komisi perlu mendalami jumlah pelaku penyerangan. "Sebelas, tujuh belas, atau sepuluh."

Bonek Kecam Hasil KLB PSSI

Bonek Mania saat beraksi pada laga amal untuk korban konflik Sampang di Stadion Ahmad Yani, Pabian, Sumenep, Minggu, (9/9/12) (Liputanwinda/Syafrudin Budiman)
Surabaya - Sekitar seribu Bonek, julukan pendukung Persebaya Surabaya 1927, Minggu, 7 April 2013, berunjuk rasa di Taman Bungkul,Surabaya. Mereka mengecam hasil Kongres Luar Biasa PSSI yang tidak mengakomodasi klub kesayangannya masuk dalam penyatuan liga pada 2014 mendatang.


Selain diisi orasi, para Bonek juga melakukan penggalangan tanda tangan di atas kain putih kepada masyarakat umum sebagai bentuk dukungan terhadap Persebaya 1927. Menurut koordinator pengunjukrasa, Andi Kristianto alias Andi Peci, tanda tangan masyarakat itu akan diserahkan kepada Menteri Pemuda dan Olahraga Roy Suryo.

Perikahan Ayu Ting Ting Akan Disponsori Ivan Gunawan

Ayu Ting-Ting saat beraksi di atas panggung di Sumenep. (Liputanwinda/Rusdi)
Jakarta - Pedangdut Ayu Ting Ting sebentar lagi akan melepas masa lajangnya. Penyanyi yang terkenal lewat lagu Alamat Palsu ini pun mulai mempersiapkan diri menjelang hari bahagia dan sakral itu bersama kekasihnya, Enji.

Ayu mendatangi salah satu sahabatnya, perancang busana Ivan Gunawan, untuk dibuatkan baju pengantin. "Waktu Ayu datang, aku langsung bilang, 'Aku enggak mau sponsor, kalau lo mau kawin, lo harus punya duit'," kata Ivan tegas.

Organisasi Pemuda Maluku Gelar Mosonipi di Yogya

Pemandangan Tugu Pal Putih setelah selesainya program "Revitalisasi Cagar Budaya" di Yogyakarta. TEMPO/Suryo Wibowo.
Surabaya - Dewan Pimpinan Pusat Ikatan Pelajar dan Mahasiswa Pelauw (IPMAP), organisasi intelektual muda dari Desa Pelauw, Kecamatan Pulau Haruku, Kabupaten Maluku Tengah, Maluku, ini berencana menggelar Mosonipi (musyawarah besar) di Yogyakarta, 12-14 April nanti.

"Agenda Mosonipi yang dibahas akan menjadi momentum kebangkitan intelektual muda Pelauw yang tersebar di Indonesia," kata Din Tualeka, Ketua Steering Committe Mosonipi IPMAP 2013, di Surabaya, Minggu, 7 April 2013.

APEC 2013, Apa Harapan Jawa Timur?

Puluhan mahasiswa melakukan aksi menolakan Konferensi APEC 2013, di depan hotel JW Marriot, Surabaya, (6/4). TEMPO/Fully Syafi
Surabaya - Asisten Bidang Ekonomi dan Pembangunan Pemerintah Provinsi Jawa Timur Hadi Prasetyo mengingatkan pemerintah pusat agar tidak terburu-buru menandatangani semua kerjasama ekonomi yang disepakati dalam pertemuan Asia Pacific Economy Cooperation (APEC) 2013. ”Kesiapan daerah juga harus menjadi pertimbangan,” katanya kepada Tempo, Minggu, 7 April 2013.


Kendati pertemuan APEC menjadi agenda pemerintah yang diselenggarakan oleh Kementerian Perdagangan dan Kementerian Luar Negeri, namun pemerintah daerah menaruh harapan yang besar terhadap even internasional tersebut.

Golkar Tidak Prioritaskan Caleg Artis

Partai Golongan Karya (Istimewa)
Jakarta - Popularitas artis tidak menjadi fokus utama yang diterapkan oleh Partai Golongan Karya (Golkar) dalam merekrut Calon Legislatifnya. Hal tersebut diungkapkan Sekretaris Jendral (Sekjen) DPP Partai Golkar, Idrus Marham saat berbincang dengan Gatranews, Minggu, (7/4).

"Kita tidak pernah secara khusus seperti itu, siapa saja boleh mendaftar sebagai Caleg Golkar asal kriterianya tepat dengan partai. Karena prinsip partai golkar adalah bagaimana ide dan gagasan menjadi instrumen politik. Ide dan gagasan yang menjadi instrumen politik itu kita wujudkan dalam bentuk blueprinttentang pembangunan nasional," jelas Idrus.

Gugun Blues Shelter Band Pembuka Konser Aerosmith

Gugun (GATRAnews/Venny Tania)
Jakarta - Eksistensi grup band Gugun Blues Shelter sudah diakui oleh publik di luar negeri. Trio rocker ini ternyata ditunjuk langsung oleh Aerosmith untuk menjadi band pembuka pertunjukan mereka di Jakarta pada 11 Mei 2013. Gugun Blues Shelter mendapatkan jatah 40 menit untuk menunjukkan kebolehan mereka sebelum Aerosmith menggebrak panggung JIExpo Kemayoran, Jakarta.
 
"Setahu saya Aerosmith sejak dulu memang selalu minta band blues rock untuk membuka konser, seperti Lenny Kravitz dan Jonny Lang kan. Jadi sudah bisa ketebak. Kita tahu awalnya karena Aerosmith yang memilih kita sendiri, dan kita memang optimis," jelas Gugun, ditemui di kawasan Kemang, Jum`at (5/4) malam.

Achmad Rubaie Berikan Resep 16 Langkah Meraih Dukungan

Achmad Rubaie berdiri memberikan resep 16 langkah meraih dukungan politik pada Pemilu 2014 dalam acara Supervisi Bacaleg PAN se-Madura di PKPN Sampang, Kamis (28/03). (Liputanwinda/Syafrudin Budiman)
Sampang - Achmad Rubaie, Wakil Sekjen DPP PAN memberikan resep politik kepada semua bacaleg Partai Amanat Nasional (PAN) se-Madura. Resep itu berupa 16 langkah untuk bisa meraih dukungan masyarakat, pada Pemilu 2014 mendatang. Petunjuk jitu ini dimulai dari hal yang teknis sampai cara berfikir (mindset), bagaimana membangun kualitas diri bacaleg.

Pelajaran penting ini pernah disampaikan Rubaie pada acara Supervisi Bacaleg PAN se-Madura yang digelar Dewan Pimpinan Wilayah (DPW) PAN Jatim beberapa waktu lalu. Sekitar 200 orang bacaleg yang hadir ke gedung PKPN Sampang ini, menerima petunjuk meraih suara jitu, teknik penguasaan diri dan taktik mempengaruhi masyarakat.