Rabu, 05 September 2012

Antasari yang Memulai, Antasari Juga yang Harus Mengakhiri

Achsanul Qosasi (Liputanwinda/Syafrudin Budiman)
Liputanwinda (Jakarta) - Timwas kasus Bank Century berencana memanggil mantan Ketua KPK Antasari Azhar, dan mantan Wakil Presiden Jusuf Kalla. Keduanya akan dipanggil pada agenda Timwas Century pekan depan.

"Untuk Timwas, pekan depan akan memanggil Antasari, berikutnya Pak JK. Antasari harus kami minta keterangannya, guna memberikan komentar dan pendapat yang sahih tentang apa yang pernah dikatakan oleh Antasari sendiri. Kekisruhan ini kan dimulai oleh Antasari, maka Antasari juga yang harus mengakhiri," kata anggota Timwas Century Achsanul Qosasi, dalam pesan singkat kepadaTribun, Rabu (5/9/2012).


Kapolres Bangkalan: Kasus Santri Tak Terkait Sampang

Liputanwinda (Bangkalan) - Kapolres Bangkalan, Madura, AKBP Endar Priantoro, menegaskan, kasus penyerangan rumah warga oleh santri pondok pesantren Nurul Hikmah, tidak terkait paham aliran agama Syiah-Sunni, sebagaimana terjadi Sampang.

"Kasus itu sama sekali tidak terkait paham agama, sebagaimana terjadi di Kabupaten Sampang," kata Endar Priantoro, kepada ANTARA, Kamis pagi.

Kasus penyerangan rumah warga bernama Muzammil oleh santri pondok di Bangkalan itu, merupakan persoalan pribadi, antara santri dengan pemilik rumah.


Bicara Capres Partai Demokrat Memilih Santai

(VIVAnews/Anhar Rizki Affandi)
Liputanwinda (Jakarta) - Ketua Umum Partai Demokrat Anas Urbaningrum yakin Demokrat bakal memenangi pemilu 2014. Meski sejumlah lembaga merilis hasil survei yang lebih mengunggulkan partai lain sebagai pemenang.

"Survei selalu menjadi bahan evaluasi bagi Demokrat. Tapi Demokrat tahu dan sadar, survei itu bukan hasil pemilu. Survei itu hasilnya seringkali terkait dengan cuaca politik hari itu," kata Anas di gedung KPU, Jalan Imam Bonjol, Jakarta, Rabu 5 September 2012.

Saat Laga Amal P-MU Rilis Pemain Baru

Achsanul Qosasi saat meraih juara III di Divisi Utama (Liputanwinda/Pojur)
Liputanwinda (Sumenep) - Saat laga amal melawan Persebaya Selection di Stadion Ahmad Yani Sumenep, Minggu (9/9) besok, Manajemen Persepam Madura United (P-MU) akan merilis pemain baru. Tim berjuluk Laskar Sape Kerap yang naik kasta ke kompetisi ISL itu akan diperkuat nama-nama pemain lama dan baru.

Achsanul Qosasi, Manager P-MU mengatakan, sebanyak 25 pemain akan dibawa saat laga amal untuk korban kekerasan di Sampang. Namun kata Achsanul sapaan akrab Achsanul Qosasi, tidak semua pemain sudah resmi dikontrak. Sejumlah pemain masih sebatas menerima uang muka dan baru resmi akan dikontrak, selesai uji coba resmi yang dijadwalkan 15 dan 22 September 2012.

JC Akan Gelar Rapat di Kuala Lumpur

Anggota JC Joko Driyono (mediasepakbola.com)
Liputanwinda (Jakarta) - Joint Committee (JC) siap kembali berembuk untuk menemukan solusi untuk polemik sepakbola nasional. Sebagai langkah awal, anggota JC Joko Driyono, menemui pengurus Persatuan Sepakbola Seluruh Indonesia (PSSI) di kantor PSSI, Senayan, Jakarta, Selasa (4/9).

Joko mengatakan, penyelesaian masalah melalui rekonsiliasi, harus rutin dilakukan dan tidak boleh berjauhan. Karena itu, JC kembali akan menggelar pertemuan antara tanggal 19 atau 20 di Kuala Lumpur, Malaysia.


Misteri Kolektor 81 Foto Eksekusi Kartosoewirjo

("Hari Terakhir Kartosoewirjo: 81 Foto Eksekusi Mati Imam DI/TII")
Liputanwinda (Jakarta) - Ketua Alumni Fakultas Ilmu Budaya Universitas Indonesia, Fadli Zon, membukukan 81 foto detik-detik terakhir imam DI/TII Sekarmadji Maridjan Kartosoewirjo dieksekusi mati militer. Buku setebal 91 halaman itu diberi judul "Hari Terakhir Kartosoewirjo: 81 Foto Eksekusi Mati Imam DI/TII".

Dari mana Fadli mendapatkan foto-foto yang belum pernah dipublikasikan itu? "Foto ini saya dapatkan dari seorang kolektor yang saya beli pada dua tahun lalu," kata Fadli Zon saat peluncuran bukunya di Galeri Cipta, Cikini, Jakarta Pusat, Rabu 5 September 2012.

PAN Sumenep Sibuk Verifikasi KTA

Ainur Rahman dan Badrus sibuk verifikasi (Liputanwinda/Syafrudin Budiman)
Liputanwinda (Sumenep) - Dewan Pimpinan Daerah Partai Amanat Nasional (DPD PAN) Kabupaten Sumenep saat lagi sibuk mempersiapkan Verifikasi Faktual untuk menjadi peserta Pemilu Legeslatif (Pileg) 2014. Sebanyak 1.700 Kartu Tanda Anggota (KTA) partai dibuat untuk memenuhi syarat dari Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD) Kabupaten Sumenep.

"PAN Sumenep telah menyiapkan 1700 KTA dilengkapi pas foto pemilik. Alhamdulillah selesai dan sudah diserahkan ke DPW PAN Jatim. KPUD Sumenep nantinya kita berikan juga untuk diverifikasi secara Faktual," kata Badrus Samsi, Ketua DPD PAN Sumenep, saat dihubungi Rabu (5/9).


Tahun 2050, Indonesia ''Kebanjiran'' Manula

TEMPO/Dhemas Reviyanto.
Liputanwinda (Yogyakarta) - Menteri Kesehatan Nafsiah Mboi menyatakan, Indonesia akan mengalami "booming" manusia usia lanjut (Manula) pada 2050. Hingga 2011 yang lalu, tercatat jumlah manula di Indonesia sudah mencapai 19,5 juta orang atau 8,2 persen dari jumlah penduduknya.

"Pada 2050 akan meningkat menjadi 25 persen dari jumlah penduduk Indonesia," kata Menteri Kesehatan Nafsiah Mboi di Yogyakarta, Selasa 4 September 2012.

Hingga 2012 jaminan keshatan untuk masyarakat Indonesia sudah mencakup 63,2 persen. Yang belum terlindungi sebesar 36,8 persen.

33 Hektare Padang Savana di Bromo Terbakar

TEMPO/Subekti
Liputanwinda (Malang) - Padang savana di kawasan Taman Nasional Bromo Tengger Semeru (TNBTS) terbakar. Kebakaran merusak seluas 33 hektare padang savana di kaldera Tengger selama dua bulan terakhir. Hingga kini, titik api masih ditemukan di sejumlah kawasan yang secara administrasi masuk wilayah Probolinggo, Malang, dan Lumajang.

"Kebakaran disebabkan faktor manusia," kata juru bicara Balai Besar TNBTS, Nova Elina, Rabu, 5 September 2012.

Pemerintah Restui Pindad Jual Senjata ke Uganda

Letjen TNI Sjafrie Sjamsoeddin. ANTARA/Basrul Haq
Liputanwinda (Jakarta) - Kementerian Pertahanan menyepakati penjualan alat utama sistem persenjataan oleh PT Pindad Persero dengan Irak dan Uganda. Meskipun begitu, penjualan ini masih dalam penjajakan dan tahap memperkenalkan produk buatan industri pertahanan Indonesia.

"Baru pada tahap introduksi, tapi yang paling penting adalah proses setelahnya," kata Wakil Menteri Pertahanan, Sjafrie Sjamsoeddin, kepada Tempo di Jakarta, Rabu, 5 September 2012.

Ruhut Minta Mirwan Amir Mundur dari Partai Demokrat

Ruhut Sitompul. ANTARA/Andika Wahyu
Liputanwinda (Jakarta) - Politikus Partai Demokrat, Ruhut Sitompul, meminta agar koleganya, Mirwan Amir, berbesar hati dan berinisiatif keluar dari partai. “Inisiatif lah, undurkan diri saja dari partai,” kata Ruhut ketika ditemui di kantor Komisi Pemilihan Umum (KPU) pada Rabu, 5 September 2012.

Ruhut berpendapat jika Mirwan resmi menjadi tersangka, ia harus segera berinisiatif mundur. "Tak perlu menunggu keputusan pengadilan yang berkekuatan hukum tetap," katanya.

The Thinker: Sampang Revisited

Achsanul Qosasi (Liputanwinda/Syafrudin Budiman)
Liputanwinda (Jakarta) - The attack on the Shia community in Karanggayam village in Sampang, on the East Java island of Madura, is evidence that the local leadership has failed and violated the Constitution, which guarantees freedom of religion and protection for minorities. Regional leaders placed themselves and the interests of the majority ahead of their duty to lead all citizens.

Madura in its history has seen political violence and the usual crime-related conflicts, but had never before seen violence based on religious differences. Now this split between Sunnis and Shiites has emerged and Indonesia has become a focus of world attention as a hotbed of religious intolerance. The average person in East Java doesn’t know anything about Sunnis or Shiites. He only knows that the Madurese are predominantly Muslim. But now the national media is highlighting the Sampang incident as a clash between Sunnis and Shiites, and bashing the national leadership for its inability to  protect minorities.


Selasa, 04 September 2012

CALON PAW DPRD PDIP MASIH KOSONG

Caleg PDIP Dapil lima Ibnu Agil,S.Sos (Taufik Yuspison)
Liputanwinda (Sumenep) - Penantian panjang calon legeslatif dari PDIP daerah pemelihan (Dapil) lima untuk  menjadi pengganti antar waktu (PAW) anggota DPRD bagai terpasung. Sejak meninggalnya anggota fraksi PDIP KHR Khairul Amin bulan Januari 2011 tahun lalu, ternyata tidak satupun dari mereka yang dipastikan dapat diantarkan kegedung dewan. 

Kosongnya satu orang anggota fraksi PDIP di DPRD itu nampaknya sengaja dibiarkan meski berlangsung hingga lebih dari satu tahun. Caleg PDIP Dapil lima Ibnu Agil,S.Sos mengaku prihatin melihat kondisi itu, dengan organisasi seperti PDIP yang ternyata belum bisa menyelesaikan masalah kecil seperti pada dirinya. Padahal partai ini diharapkan mampu menunjukkan jati dirinya yang mampu mengurus negara dengan benar. 


Ustad Guntur Bumi Cinta Mati Puput Melati

Liputanwinda (Jakarta) - Ustad Guntur Bumi atau yang akrab disapa UGB membantah telah bercerai dengan isterinya, Puput Melati. Menurut dia, kondisi rumah tangganya saat ini baik-baik saja.

"Salah itu. Enggak bener. Saya baik-baik saja dengan isteri saya," katanya saat dihubungi, Selasa malam, 4 September 2012.


Ketua MK Mahfud MD Didesak Mundur

Prof. Mahfud MD for Presiden 2014 (Liputanwinda/Mimit)
Liputanwinda (Sumenep) - Ketua DPW PMB Jatim Syafrudin Budiman memprotes maraknya baliho "Prof Mahfud MD for President" di sejumlah jalanan di kawasan Madura. Ia juga mendesak Ketua Mahkamah Konstitusi (MK) Mahfud MD mundur karena dianggap tidak netral dengan mengkampanyekan dirinya sebagai Calon Presiden.


"Itu berarti MK sudah tidak netral, karena ada main mata dengan parpol yang akhirnya keluarlah putusan tentang persyaratan minimal pendirian parpol yang hanya menguntungkan parpol besar dan mereka yang punya uang," katanya kepada antara, Selasa (4/9) di Surabaya.


Senin, 03 September 2012

PMB Jatim Protes Ketua MK

Liputanwinda (Surabaya) - DPW Partai Matahari Bangsa (PMB) Jawa Timur memprotes putusan Mahkamah Konstitusi tentang UU Pemilu, terutama persyaratan minimal partai politik untuk bisa mengikuti Pemilu 2014.

"Itu putusan (MK) yang membunuh demokrasi, karena hanya bersifat demokrasi formalistik. Hanya mereka yang punya uang yang bisa mendirikan parpol sesuai persyaratan itu," kata Ketua DPW PMB Jatim Syafrudin Budiman di Surabaya, Selasa.


Gara-Gara Iddah, Pemimpin Yahudi Masuk Islam

Robert Guilhem, pakar genetika dan pemimpin yahudi (Republika)
Liputanwinda (Amerika) - Robert Guilhem, pakar genetika dan pemimpin yahudi di Albert Einstein College menyatakan dengan tegas soal keislamannya. Dia masuk Islam setelah kagum dengan ayat-ayat Al-Quran tentang masa iddah wanita muslimah selama tiga bulan. Massa iddah merupakan massa tunggu perempuan selama tiga bulan, selama proses dicerai suaminya.

Seperti dikutip dari societyberty.com, hasil penelitian yang dilakukannya menunjukkan, massa iddah wanita sesuai dengan ayat-ayat yang tercantum di Alquran. Hasil studi itu menyimpulkan hubungan intim suami istri menyebabkan laki-laki meninggalkan sidik khususnya pada perempuan.

Jero Wacik: Kenaikan TDL Tidak Terlalu Beresiko

Jero Wacik (VIVAnews/Anhar Rizki Affandi)
Liputanwinda (Jakarta) - Pemerintah akan menaikkan Tarif Dasar Listrik (TDL) hingga 15 persen pada awal tahun depan. Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Jero Wacik menganggap kenaikan TDL tidak terlalu beresiko ketimbang kenaikan BBM.

"Kalau BBM dinaikkan, akan ramai dan dampaknya lebih luas. Kalau TDL dinaikkan, lebih mudah dikoordinasikan dengan seluruh komponen terkait, mulai dari industri hingga konsumen," kata Wacik saat ditemui di Gedung Bank Indonesia, Denpasar, Senin 3 September 2012.

Partai Lama Dapat Tambahan Waktu, PDP Protes KPU

Roy BB Janis (Antara/ Ujang Zaelani)
Liputanwinda (Jakarta) - Partai Demokrasi Pembaruan (PDP) meminta Komisi Pemilihan Umum (KPU) tidak bersikap diskriminatif dalam proses verifikasi administrasi faktual partai politik calon peserta pemilu 2014. Keputusan KPU yang melonggarkan waktu bagi partai lama dinilai tidak adil.

"Kalau untuk yang 9 partai itu diperpanjang, mestinya semua juga diperpanjang. KPU diharapkan jangan diskriminasi," kata Ketua Pimpinan Kolektif Nasional PDP, Roy BB Janis, usai mendaftar di gedung KPU, Jakarta Pusat, Senin 3 September 2012.

Ical: Survei Capres, Saya Sudah Semi Final

Aburizal Bakrie (VIVAnews/Nurcholis Anhari Lubis)
Liputanwinda (Jakarta) - Ketua Umum DPP Partai Golkar, Aburizal Bakrie, menyatakan tidak risau meski dalam survei popularitasnya masih belum nomor satu seperti partainya. Dia mengatakan akan berjuang meningkatkannya, apalagi sudah masuk jajaran atas survei capres.

"Jadi kalo kami lihat sekarang sudah semi final. Saya nomor 3, nomor 4, itu kan semi final. Tinggal kami terus kerja dengan baik," kata Aburizal menjawab pertanyaan wartawan sebelum acara Halal Bihalal di kantor DPP Partai Golkar, Slipi, Jakarta.

KPU Imbau Partai Segera Daftarkan Diri

ANTARA/Widodo S. Jusuf
Liputanwinda (Jakarta) - Komisi Pemilihan Umum (KPU) mengimbau agar partai-partai politik yang ingin menjadi peserta Pemilu 2014 segera mendaftar menyerahkan berkas persyaratan ke KPU. Sebab, pendaftaran akan ditutup pada Jumat, 7 September 2012.

"Kalau menyerahkan berkas mepet dengan jadwal penutupan, takut partai tidak sempat memperbaiki berkas yang kurang," kata anggota KPU, Ida Budiarti, saat dihubungi pada Senin, 3 September 2012.

Kang Jalal pun Diancam Mati

Liputanwinda (Jakarta) -Bukan cuma pengikut Syiah di Sampang, Bondowoso, Pekalongan, atau Bangil saja yang diancam oleh warga non-Syiah. Cendikiawan Jalaluddin Rakhmat pernah mengalami hal yang sama: diancam mati.

Sebabnya cuma satu, Kang Jalal merupakan penganut Syiah. Tak cuma itu, ia juga Ketua Dewan Syuro Ikatan Jemaah Ahlul Bait Indonesia. Sebuah wadah Syiah berskala nasional.


Bandung, Kantong Syiah Terbesar di Indonesia

Liputanwinda (Jakarta) - Ketua Dewan Syura Ikatan Jamaah Ahlul Bait Indonesia (IJABI) Jalaluddin Rakhmat mengungkapkan, Bandung adalah kantong Syiah terbesar di Indonesia.

"Kantong terbesar ada di Bandung. Kemudian disusul Makassar, dan ketiga Jakarta," kata Kang Jalal, sapaan Jalaluddin Rakhmat, waktu bertemu Tempo di kediamannya, Rabu, 29 Agustus 2012. Beberapa lokasi yang menjadi kantong umat Syiah adalah Jawa, Sulawesi, Kalimantan, dan Sumatera.

P-MU Siapkan Laga Amal untuk Korban Kekerasan Sampang

Achsanul Qosasi dan Supporter PMU (Liputanwinda/Syafrudin Budiman)
Liputanwinda (Sumenep) – Persepam Madura United (P-MU) klub sepakbola kebanggaan warga Madura akan menyiapkan laga amal untuk korban kekerasan dan pengrusakan rumah di Sampang. Kekerasan yang berlatar belakang agama ini menyebabkan luka-luka dan jatuhnya korban meninggal dunia. Tentu Managemen PMU merasa prihatin dan ingin menggalang dana lewat laga persabahatan dengan Persebaya Selection.

“Hasil penjualan tiket pertandingan akan diberikan kepada korban kekerasan di Sampang yang saat ini masih mengungsi. Semoga dana ini nantinya bisa bermanfaat bagi para korban,” kata Mohammad Farid, Asisten Manajer P-MU Achsanul Qosasi, Minggu (02/09) saat dimintai keterangan di kantor PT Pojur Madura United.

Minggu, 02 September 2012

Hasil Liga Utama Inggris

EPL/www.thescratchingshed.com

Liputanwinda (London) Hasil English Premier League

08/25
Manchester United
3
-
2
Fulham



08/25
Tottenham Hotspur
1
-
1
West Bromwich Albion



08/25
Aston Villa
1
-
3
Everton



08/25
Chelsea
2
-
0
Newcastle United



08/26
Stoke City
0
-
0
Arsenal



08/26
Liverpool
2
-
2
Manchester City



Pemain Baru yang Bikin Gol di Laga Perdana

Liputanwinda (Eropa) - Kompetisi sepak bola Eropa telah bergulir dari Agustus lalu. Sejumlah klub di Benua Biru pun telah menurunkan beberapa pemain baru yang diboyong pada jendela transfer musim panas ini untuk menjalani debutnya. Berikut ini adalah lima pemain anyar yang mampu mencetak gol di laga perdananya.

1. Michu

Miguel Perez Cuesta atau yang akrab disapa Michu telah membuat kejutan pada laga perdananya di pentas Liga Primer Inggris 2012/2013. Gelandang serang, yang didatangkan Swansea City dari Rayo Vallecano dengan biaya sebesar Rp 30 miliar, itu langsung menyumbangkan dua dari lima gol kemenangan timnya atas tuan rumah Queens Park Rangers di Loftus Road.


Soal Ibadah, Umat Syiah di Indonesia Tak Tertutup

Liputanwinda (Jakarta) - Aliran Syiah tak hanya memiliki ideologi dan filosofi yang berbeda dengan aliran lainnya. Secara fikih, mereka juga tak sama. Meski begitu, penganut Syiah tak tertutup ketika beribadah. Bahkan, di Indonesia, mereka menjalankan salat di masjid umum, yang notabene beraliran Sunni.

Tak cuma itu. Kata Ketua Dewan Syura Ikatan Jamaah Ahlul Bait Indonesia Jalaluddin Rakhmat, ulama Syiah juga banyak yang berdakwah di masjid Sunni. Dan tak ada yang mengetahui bahwa mereka Syiah.

4 Periode Penyebaran Syiah di Indonesia

Liputanwinda (Jakarta) - Penyerangan kelompok Syiah di Sampang pada 26 Agustus 2012 menghangatkan kembali diskusi soal Syiah. Tak pernah ada sejarah yang pasti soal kapan masuknya Syiah ke Nusantara.

Menurut cendekiawan Jalaluddin Rakhmat atau biasa disapa Kang Jalal, masyarakat telah mengenal Syiah sejak ribuan tahun lalu. Namun, selama itu, Syiah tak pernah muncul di permukaan. Mereka menyembunyikan diri.

Sukarelawan Diusir dari Pengungsian Syiah, Madura

Liputanwinda (Sampang) - Komisi untuk Orang Hilang dan Korban Tindak Kekerasan (kontras) menyayangkan pengusiran sukarelawan dari gelanggang olahraga Sampang oleh Kepala Dinas Sosial, Tenaga Kerja, dan Transmigrasi Sampang, Madura, Jawa Timur, Sabtu, 1 September 2012. "Mestinya Pemkab Sampang bekerja sama dengan sukarelawan mengurusi kebutuhan pengungsi Syiah, bukan mengusir," kata koordinator Kontras Surabaya, Andi Irfan, kepada Tempo.

Menurut Andi, sejak hari pertama warga Syiah di pengungsian, tidak banyak bantuan yang diberikan pemerintah Sampang kepada pengungsi Syiah. Sementara kebutuhan seperti susu bayi, pakaian, air mineral, dan lainnya kebanyakan disumbang masyarakat. "Pemerintah mestinya tidak bersikap tertutup," katanya.


Ari Sigit Ingin Kembalikan Masa Kejayaan Soeharto

Liputanwinda (Jakarta) - Ari Haryo Wibowo Hardjojudanto atau biasa disapa Ari Sigit mendaftarkan Partai Karya Republik (Pakar) ke Komisi Pemilihan Umum.

Cucu bekas Presiden Soeharto ini mendaftarkan partainya agar bisa ikut bersaing dalam Pemilu Legislatif tahun 2014 mendatang. "Kami sudah memenuhi syarat kepengurusan di setiap provinsi dan kabupaten kota," kata Ari Sigit di kantor Komisi Pemilihan Umum, Jumat 31 Agustus 2012.

Bagaimana Kronologi Syiah Masuk Sampang?

Liputanwinda (Surabaya) - Konflik Sunni-Syiah di Sampang, Madura, telah terjadi sejak 2004. Konflik ini berujung pada tindak kekerasan yang terus berulang. Dan terakhir pada Ahad, 26 Agustus 2012, terjadi pembakaran 37 rumah pengikut Syiah, pelemparan batu, dan perkelahian hingga mengakibatkan satu korban tewas dan belasan luka-luka.

Syiah di Pulau Garam ini adalah kelompok Islam minoritas. Lalu bagaimana aliran ini bisa masuk, hidup, dan berkembang di tengah masyarakat Madura yang berjumlah 3,62 juta jiwa (versi BPS 2010), yang hampir seluruhnya adalah mayoritas Islam Sunni yang fanatik? Berikut ini hasil riset koordinator Komisi untuk Orang Hilang dan Tindak Kekerasan (Kontras) Jawa Timur, Andy Irfan, yang dituturkan kepada Tempo pada Sabtu, 1 September 2012.


Rusuh Sampang, Siapakah Roisul Hukama?

Liputanwinda (Sampang) - Sepekan terakhir, nama Roisul Hukama jadi beken. Tapi bukan karena lelaki yang akrab disapa Rois ini berprestasi. Melainkan karena lelaki kelahiran 1977 ini ditetapkan sebagai tersangka kasus kerusuhan Sunni-Syiah di Sampang, Ahad pekan lalu.

Polisi menyebut Rois sebagai otak rusuh Sampang yang menewaskan seorang warga Syiah dan terbakarnya 37 rumah komunitas Syiah di Dusun Nangkernang, Desa Karang Gayam.


Cabup Nizar Zahro: Bangkalan Harus Sejahtera dan Bermartabat

Liputanwinda (Bangkalan) - Pasangan Calon Bupati dan Wakil Bupati Kabupaten Sampang, Moh.Nizar Zahro SH dan HR.Zulkifli SE mendambakan Terwujudnya Masyarakat Kabupaten Bangkalan yang Sejahtera dan Bermartabat Berbasis Kearifan Lokal. Sebagaimana visi kandidat yang diusung oleh tiga partai Partai Bintang Reformasi (PBR), Partai Republik Nusantara (Republikan) dan Partai Nasional Benteng Kemerdekaan (PNBK) Kabupaten Bangkalan.

"Rumusan visi tersebut terdiri dari tiga unsur frasa kalimat. Diantaranya, terwujudnya masyarakat Kabupaten
Bangkalan yang Sejahtera, terwujudnya masyarakat Kabupaten Bangkalan yang Bermartabat dan kearifan lokal sebagai basis tercapainya masyarakat sejahtera dan bermartabat," kata Nizar Zahro Calon Bupati Bangkalan periode 2013-2018, saat dihubungi liputanwinda.com Minggu, (02/8).


Jumat, 31 Agustus 2012

Sinden Hibur Penonton Festival Sapi Sonok

Liputanwinda (beritafoto) -Tampak dua orang pesinden menari dan menyanyikan musik macopat, sebuah musik khas tradisional Sumenep. Para sinden berlenggak-lenggok untuk menghibur penonton dan juragan pemilik Sape Sonok yang mengikuti Festival Sape Sonok 2012. Sesekali pesinden menerima uang saweran yang dimasukkan ke baju bagian atasnya. Acara berlangsung Senin (28/8) di Desa Lobuk, Kecamatan Bluto, Kabupaten Sumenep yang diselenggarakan Partai Amanat Nasional (PAN) Sumenep. Kegiatan budaya ini untuk menghibur masyarakat yang senang dan mencintai tradisi lomba hias sapi atau Sape Sonok. (rud)

Polisi Periksa 13 Saksi Penyerangan Pos Solo

Liputanwinda (Jakarta) - Kepolisian RI sudah memeriksa 13 orang saksi terkait penyerangan ke Pos Polisi Singosaren, Solo. Pemeriksaan ini dilakukan seiring dengan olah tempat kejadian perkara dan uji laboratorium forensik.

"Data sudah kita dapat, tapi tidak bisa disampaikan, nanti saja karena masih penyelidikan," kata Kepala Biro Penerangan Masyarakat, Brigadir Jenderal Boy Rafli, Jumat, 31 Agustus 2012.

Giliran Mirwan Amir Kesandung Kasus Korupsi

Liputanwinda (Jakarta) - Politikus Partai Demokrat, Mirwan Amir, diduga melakukan transaksi keuangan yang mencurigakan. Anggota Dewan Perwakilan Rakyat di Badan Anggaran ini pernah membeli tiga mobil mewah pada akhir 2009-awal 2011, yang kemudian diatasnamakan Amrinur Okta Jaya, adiknya.

Menurut data yang diperoleh Tempo, pembelian mobil tersebut dilakukan secara kredit melalui PT Astra Sedaya Finance, anak usaha PT Astra Credit Company. Setelah uang muka dibayar, kredit dilunasi dengan cepat.


Demokrat Emoh Pilih Caleg Artis Lagi

Liputanwinda (Jakarta) - Partai Demokrat mengaku tak akan lagi melirik artis sebagai calon legislatif dari partai tersebut. "Kami akan lebih banyak menarik aktivis yang sudah memiliki jaringan dan kegiatan politik yang jelas," ujar Wakil Sekjen Partai Demokrat, Saan Mustofa, kepada wartawan, Kamis, 30 Agustus 2012.

Dia menilai, popularitas tak lagi menjadi prioritas dalam pencalonan caleg. "Popularitas tetap penting, namun itu tak cukup untuk mengantarkan seseorang menjadi caleg," kata Saan.


Gubernur Didesak Bangun Kembali Rumah Warga Syiah

Liputanwinda (Surabaya) - Forum Intelektual 45 Jawa Timur mendesak Gubernur Jawa Timur, Soekarwo, segera memulihkan kondisi Sampang dan membangun kembali seluruh rumah warga yang terbakar akibar kerusuhan pada Minggu, 26 Agustus 2012 lalu.

"Kaum Syiah harus secepatnya direhabilitasi. Seluruh hak dan seluruh rumah mereka juga harus diperbaiki agar bisa ditempati kembali," kata Ketua Forum Intelektual 45, Achmad Zaini, saat memberikan keterangan pers di Hotel Elmi Surabaya, Jumat siang, 31 Agustus 2012.

Dalam Dua Pekan, Ada 3 Serangan ke Polisi di Solo

Liputanwinda (Solo) - Aksi teror terhadap pos polisi di Solo terus berlanjut. Tiga kejadian teror terjadi selama dua pekan terakhir. Serangkaian aksi tersebut menyebabkan satu polisi tewas dan dua polisi mengalami luka.

Kejadian pertama terjadi pada 17 Agustus lalu. Pengendara sepeda motor memberondong Pos Pengamanan Lebaran 05 Gemblekan dengan sembilan tembakan. Dua polisi terluka akibat serangan tersebut. Mereka adalah Bripka Hendro dan Briptu Kukuh.

Mabes: Teror Solo Tak Berkaitan dengan Pilkada

Liputanwinda (Jakarta) - Markas Besar Kepolisian Republik Indonesia menyatakan rangkaian penyerangan terhadap pos polisi di Solo tak berhubungan dengan pemilihan Gubernur DKI Jakarta yang juga diikuti Wali Kota Solo, Joko Widodo. “Kami tidak melihat ini ada hubungannya dengan pilkada," kata Kepala Biro Penerangan Masyarakat, Brigadir Jenderal Boy Rafli Amar, kepada Tempo, Jumat, 31 Agustus 2012.

Polisi menduga motif pelaku teror di Solo adalah memang ingin menyakiti polisi dan masih berhubungan dengan teror sebelumnya. “Kami menduga pelakunya masih kelompok yang sama dengan dua penyerangan sebelumnya,” kata Boy. Kepolisian kini tengah menyelidiki kasus ini secara intensif. Olah tempat kejadian perkara dan otopsi korban telah dilakukan. Brigadir Kepala Dwi yang meninggal dunia kemarin, menurut Boy, rencananya dimakamkan siang ini.

Polisi Ditembak, Dikira Petasan

Liputanwinda (Solo) - Seorang petugas yang sedang berjaga di Pos Polisi Pasar Modern Singosaren, Solo, ditembak lelaki misterius. Polisi bernama Bripka Dwi Data Soebekti tewas tertembus empat peluru yang dilepas pelaku dari jarak dekat.

Aksi brutal terjadi pada saat kondisi pasar cukup ramai. "Kejadian berlangsung waktu bubaran toko," kata Geger, salah seorang pedagang, Jumat, 31 Agustus 2012.

Indonesia Media Watch Laporkan TV One ke KPI

Liputanwinda (Jakarta) - Indonesia Media Watch (IMW) melaporkan TV One ke Komisi Penyiaran Indonesia hari ini, Kamis, 30 September 2012. Surat protes yang dilayangkan IMW itu terkait dengan acara Indonesia Lawyer Club pada 29 Agustus 2012.

IMW menyebutkan dalam surat yang ditujukan kepada Ketua KPI, M. Riyanto, dalam acara tersebut Karni Ilyas sebagai host tidak menghentikan hinaan yang dilakukan oleh dua orang advokat kepada Denny Indrayana, Wakil Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia.

Kamis, 30 Agustus 2012

Hartati Murdaya Minta Tak Ditahan di Jumat Keramat

Liputanwinda (Jakarta) - Tim pengacara Hartati Murdaya Poo mengajukan surat kepada Komisi Pemberantasan Korupsi agar kliennya tidak ditahan dalam pemeriksaan perdananya. Mantan anggota Dewan Pembina Partai Demokrat akan diperiksa KPK pada 7 September 2012.

"Hari ini kami mengajukan surat permohonan agar tersangka HMP tidak ditahan," kata salah seorang pengacara Hartati, Patra M Zen, di Gedung KPK, Jakarta, Kamis 30 Agustus 2012.